Wednesday, June 2, 2010

Tips belajar yang baik


Belajar sebenarnya bukan sesuatu yang sangat sulit dilakukan, terutama bagi mahasiswa. Belajar adalah suatu proses untuk mengerti suatu teori dan penerapannya. Tapi hal ini sering menjadi persoalan bagi sebagian besar mahasiswa, terutama mahasiswa di Binus University.

Sebagai dosen yang sering berkeliaran diantara mahasiswa, saya sering sekali mendapati kenyataan bahwa mahasiswa Binus University seringkali kekurangan waktu belajar. Sudah bukan rahasia lagi bahwa mahasiswa sering cuma SKS(Sistem Kebut Semalam/Sejam) untuk menghadapi ujian Mid dan ujian akhir.
Bahkan seringkali ada juga mahasiswa yang tidak tahu hari itu ujian diruang apa, jam berapa dan matakuliah apa. Sesampainya dikampus, mereka baru belajar. Hal seperti ini tentunya sangat mempengaruhi prestasi belajar yang tercermin dari IPK dan IPS yang didapat.

Untuk itulah, dengan Notes ini, saya ingin memberikan usulan solusi cara belajar yang baik agar mahasiswa tidak lagi keteteran dalam menghadapi ujian. Ini adalah cara yang saya pakai sewaktu saya menjadi mahasiswa. dan cara ini ternyata sangat mujarab untuk mengakali kekurangan waktu belajar seperti yang dialami oleh mahasiswa.

Caranya adalah sebagai berikut:
1. Bentuk Grup belajar.
- Bentuk grup belajar dengan anggota sekitar 5 sampai 8 orang. Kalau bisa, setiap anggota yang ada menguasai satu pelajaran yang dipelajari.
- Setiap grup harus bertemu minimal satu kali dalam seminggu. Tujuan dari pertemuan itu adalah untuk mereview pelajaran yang sudah diajarkan pada satu minggu itu. Setiap peserta harus bisa menjelaskan ringkasan dari satu pelajaran yang sudah dipelajari pada minggu tersebut dalam waktu 15 menit dan buatkan acara tanya-jawab selama 15 menit(jadi satu pelajaran cuma direview selama 30 menit).
- Pertemuan tersebut harus wajib dihadiri oleh semua anggota dan bagi yang sering tidak datang, akan dikeluarkan dari grup.
- Disiplinkan waktu belajarnya tidak lebih dari 4 jam(dulu saya cuma 3 jam saja).

2. Bacalah bahan yang akan diajarkan oleh dosen dari buku pegangan satu minggu sebelum pelajaran itu diajarkan. tandailah bagian yang tidak dimengerti dan buatlah ringkasan dari apa yang dibaca(cukup satu lembar kertas saja).

3. Tanyakanlah apa yang tidak dimengerti pada saat dosen mengajarkan pelajaran yang bersangkutan. Buatlah catatan yang cukup atas masalah yang tidak dimengerti di kertas ringkasan yang anda buat sebelumnya.

4. ketika anda selesai belajar, catatlah ringkasan tersebut kedalam buku catatan agar rapi dan mudah dicari saat diperlukan

5. bacalah ulang catatan tersebut saat anda akan menghadapi mid atau akhir semester. Anda tidak perlu lagi membuka-buka buku lainnya karena seluruh catatan anda lengkap berisi pelajaran tersebut.

Nah dengan cara seperti di atas, anda sudah belajar bekali-kali sebelum anda mid atau ujian (minimal anda sudah belajar emapt kali).

Cara ini juga memberikan kemudahan bagi mahasiswa, karena mahasiswa cukup menguasai 1 pelajaran yang menjadi keahliannya. Sisa pelajaran lainnya masih bisa dijelaskan oleh anggota team lainnya. Tapi kalau bisa, jangan juga terlalu mengandalkan anggota lainnya. Sebab bagaimanapun baiknya orang lain menjelaskan, lebih baik kalau belajar sendiri.

Kalau ada tugas dari dosen, bagi grup menjadi dua. setiap grup terdiri dari empat orang. jadi tugas dari dosen tetap bisa berjalan.

Nah semoga cara ini dapat membantu mahasiswa yang sulit belajar sehngga bisa meningkatkan prestasi. Bila anda perlu penjelasan lebih lanjut, silahkan menghubungi saya. saya pasti bersedia membantu anda semua belajar dengan lebih baik agar prestasi anda semua meningkat...

Selamat mencoba!!!


Sedikit tambahan atas Notes tentang cara belajar yang baik:
- Belajar bukanlah suatu proses hanya untuk mencari angka saja, melainkan suatu proses yang berkesinambungan.

- Tidak Belajar, tidak ada yang masuk ke dalam otak
Sedikit belajar , sedikit yang masuk ke dalam otak
Banyak belajar, banyak juga yang masuk ke dalam otak.
Jadi cara belajar SKS itu salah besar.

Sumber :
http://www.facebook.com/home.php?#!/note.php?note_id=114119888629655

No comments:

Post a Comment