Tuesday, June 15, 2010

Materi Knowledge Management



Dalam gambar diatas menggambarkan Secound Time Right.. Maksud dari Gambar tersebut menjelaskan bahwa :

Dengan mengsharing knowledge, Kita bertujuan semata-mata untuk memuaskan pelanggan, dimana dengan mensharing knowledge tersebut akan meningkatkan Quality dan Speed Performance.. Dimana nanti nya secara otomats akan memberikan kepuasan bagi pelanggan (customer satifaction)

Balance Scorecard

Kita sering mendengar mengenai Balance Scorecard, Balance Scorecard itu sendiri merupakan suatu wadah yang berfungsi sebagai alat pengukur kinerja dalam suatu perusahaan, dimana tolak ukur tersebut ditentukan oleh kita sendiri (si pemilik perusahaan)..

CobiT

Selain Balance Scorecard, ada yang dinamakan COBIT ... Cobit tersebut memiliki kesamaan dengan Balance scorecard, dimana memiliki peran sebagai alat ukur bagi kinerja perusahaan.. namun Cobit memiliki perbedaan dibandingkan balance scorecard..
Cobit memiliki ukuran yang telah ada (telah dirancang sesuai Cobit itu sendiri) dan memiliki standart nya masing2, dan tentunya tidak dapat diubah layak nya Scorecard..

Dalam pembuatan Balance Scorecard, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. diantaranya, :
1. Harus mengetahui kearah mana perusahaan itu berkembang?
2. Seperti apakah tugas-tugas dalam perusahaan tersebut ?
3. Goal Company yang dimiliki perusahaan seperti apa ?
4. Perusahaan tersebut memiliki bisnis seperti apa dan kemana arah perusahaan tsb?
5. Dan siapa target dan strategi dari perusahaan tersebut ?

dengan mengikuti beberapa hal tersebut sehingga kita dapat mempermudah mengetahui tujuan akhir dari perusahaan tersebut ...

Didalam Balance ScoreCard itu sendiri terdiri dari 4 Perspektif :

1. Perspektif Finasial : meliputi Pangsa pasar, Target pasar, Provit dari perusahaan.
2. Perspektif customer orientation : Dalam tahap ini kita melihat orientasi terhadap pelanggan untuk meningkatkan value dari perusahaan tersebut, dimana kembali lagi dengan semata-mata untuk menjamin kepuasan customer.
Contoh : Melakukan bisnis Cuci Mobil, apa bila pelanggan telah melakukan pencucian mobil di tempat tersebut sebanyak 10x, maka akan mendapatkan gratis 1x pencucian gratis..
3.Perspektif Internal Bisnis Proses : Tahap ini lebih melihat pada internalisasi perusahaan, dimana selaku perusahaan harus memastikan proses bisnis perusahaan tersebut berjalan dengan baik, sehingga customer pun merasa percaya terdapat nya.
Contoh :
Dalam Pembuatan suatu product, menggunakan sistem Six Sigma. Six Sigma tersebut memilki pengertian, bahwa didalam pembuatan suatu product, memiliki kesalahan yang sedikit , seperti dalam pembuatan 1juta mobile phone, dalam 1 juta product memiliki kecacatan product 6:1.000.000,-
4. Learning and Growth : Setiap orang di dorong untuk belajar agar tercipta nya suatu inovasi, dimana hal tersebut dapat juga di dukung dengan pemberian suatu reward khusus atas kinerja yang telah dihasilkan karyawan tersebut dalam menghasilkan suatu inovasi..

Balance Scorecard memiliki Manfaat, diantaranya :
1. Membantu evaluasi karyawan dari level Low sampai level Top.
2. Bisnis Proses Reengenering, maksdnya bahwa target dapat diganti sesuai keinginan.
3. untuk membuat tujuan strategic yang dulu masih kabur, menjadi lebih konkret, sehingga mempercepat proses pembelajaran organisasi.
4. Untuk mengukur kinerja perusahaan apakah mencapai target yang telah di tentukan.

Knowledge Goal : merupakan suatu aktifitas yang berfungsi untuk mengetahui sejauh mana perusahaan tersebut dapat dikatakan berhasil.

Dalam pembuatan KM ada hal yang wajib diperhatikan, karena suatu KM akan berhasil apa bila memiliki :

1. Komitmen : Memiliki keinginan untuk doing something)
2. Motivasi

Komitemen itu sendiri dibagi menjadi 3 bagian :

1. Komitmen by identifikasi : yaitu komitmen dimana kita telah mengidentifikasi keperluan yang dimiliki perusahaan, keperluaannya apa ? seperti apa saja ?
2. Komitmen Internalisasi : Komitmen yang telah ada didalam perusahaan dimana karyawan sangat membanggakan perusahaan yang ia tempati di dukung dengan komitmen tsb
3. Komitmen Compliance : Komitmen karena kebutuhan terpenuhi.

Motivasi pun dibagi menjadi beberapa bagian :

1. Intrinsic = Motivasi yang timbul karena kesenangan dari dalam diri sendiri
2. Extrinsic motivasi :
3. Introjected regulation : Motivasi yang tidak tertulis
contoh : seorang karyawan termotivasi disebabkan apabila tidak melakukan tugas dengan baik akan diberikan sangsi/ditegur secara terus menerut oleh atasan mrk.
4. Identifed Regulation : Motivasi yang timbul dikarena kan ada nya target yang telah ditentukan oleh perusahaan.. dimana seseorang karyawan mau tidak mau harus melakukan suatu pekerjaan / dpt diambil contoh seperti sharing post minimal 10 dalam 1 bulan ...

-Randy-

3 comments:

  1. wew, nice post!

    carlla,
    blossomboo.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. hahaha.. tq carlla ^^

    ReplyDelete
  3. Just passing thru via MFS-Blogger Gallery!
    Great blog! Keep it up!

    ReplyDelete