Tuesday, June 15, 2010

Corporate Memory

Berdasarkan buku end-user IS, corporate memory merujuk kepada dokumen - dokumen perusahaan baik resmi maupun tidak resmi, referensi manual, prosedur manual, kebijakan, dan pengetahuan lainnya yang berhubungan dengan bisnis perusahaan.

Dalam hal ini corporate memory merupakan suatu pengetahuan penting yang dimiliki oleh perusahaan baik itu secara lisan maupun tulisan selama perusahaan itu berjalan mulai pada saat berdiri hingga sekarang pada saat berjalan. Dalam knowledge management corporate memory sangatlah penting bagi kelancaran dan kehidupan organisasi perusahaan karena corporate memory pasti memiliki bagaimana budaya yang ada didalam perusahaan sampai kepada hal - hal teknikal yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.

Corporate memory akan sangat berguna bagi kemajuan perusahaan dikarenakan dengan corporate memory, maka setiap pegawai yang ada dapat memperoleh pengetahuan khusus mengenai pekerjaanya baik prosedur pekerjaan hingga teknikal pekerjaan yang ada.

Dengan corporate memory perusahaan akan memiliki aset pengetahuan yang kian berkembang seiring dengan perkembangan perusahaan ke depan karena dengan adanya corporate memory, maka pegawai - pegawai yang ada pun akan menjadi sangat ahli dalam menangani pekerjaanya. Corporate memory juga akan sangat berguna bagi tingkat manajemen karena akan membantu mereka dalam mengambil keputusan yang ada pada saat kondisi tertentu.

No comments:

Post a Comment