Wednesday, May 12, 2010

Cara sehat anak kos

1. Bawa kue/roti/coklat di Tas.
Kalau kelaparan, tapi belum sempat makan, ganjal lah dulu dengan roti. Maklum kalau acara belum selesai-selesai, tapi konsumsi tidak ada, kan lumayan. Rotinya usahakan roti yang dari gandum, bukan dari terigu. Karena kalau dari terigu, justru akan memparah penyakit gastritis (sakit maag), karena membuat suasana lambung bertambah asam.


2. Bawa air mineral di Tas.
Minum...Minum...Minum! Harus banyak minum pokoknya. Air mineral yang baik tidak hanya akan mengganti cairan tubuh yang hilang, tapi juga akan memberikan rasa kenyang, selain juga akan menetralisir suasana asam yang berlebihan di dalam lambung. Sesering mungkin minum! Asal jangan sampai kembung. Hindari minuman-minuman yang mengandung pemanis buatan dan pewarna buatan, cukuplah air putih saja.

3. Perbanyak makan Protein dan Serat.
Kurangi makan Karbohidat dan Lemak.
Berhenti dari kebiasaan makan ala warteg. Piringnya penuh nasi, tapi lauknya 'secuil'. Nasi cukup 1/2 piring saja, sisanya daging, telor, sayur, tahu.

4. Banyaklah makan pisang.
Anak kos terutama yang cowok paling malas disuruh makan buah. Bukan apa-apa, seringkali cowok-cowok ini tidak bisa mengupas buah. Makanya tiap akhir minggu belilah Pisang 1 sisir. Selain gampang makannya, pisang juga kaya akan serat, vitamin dan mineral. Apa susahnya sih makan pisang? lagipula pisang menu yang baik buat diet.

5. Makan mie instan atau junk food maksimal 2 kali seminggu.
Nah ini dia! Mie Instan adalah menu kebangsaan anak kos. Tapi kalori dari mie instan tersebut besar lho, ga sebanding dengan nilai gizinya, meskipun tidak semua mie instan jelek. Tapi alangkah bagusnya kalau kita makan dengan kompisisi gizi yang berimbang.

6. Bangun lebih pagi untuk bikin sereal atau roti isi.
Sebenarnya porsi makan pagi haruslah lebih besar daripada makan siang dan malam. Tapi yang terjadi sering anak kos tidak makan pagi karena telat bangun. Biasakanlah meminum sereal dan roti pada pagi hari. Karena bangun lebih pagi akan menyegarkan tubuh kita, selain itu kita punya cadangan energi buat jam-jam pertama aktivitas hari ini. Kalo awal hari buruk, biasanya suka kebablasan sampe sore.

7. Disiplin.
Belajar disiplin untuk makan tepat waktu. Karena tubuh kita mempunyai 'jam tubuh' yang akan mengatur waktu sekresi asam lambung pada jam tertentu, yang akan disesuaikan dengan jam makan kita, karena asam lambung dibutuhkan untuk mencerna makanan. Bayangkan bila jam makan anda tidak teratur!

8. Belajar masak.
Nah kalau bisa masak lebih bagus lagi. Kita bisa masak bahkan saat tengah malam saat kita kelaparan. Dan tahukah anda, anda bisa berhemat hingga 50% dari budget apabila kita bisa masak sendiri.

9. Input dan Output
Sesuaikan porsi makan (input) anda dengan aktivitas harian (output) anda. Bila anda akan melakukan aktivitas yang lebih berat, makanlah lebih banyak. Sebaliknya bila anda setiap hari hanya duduk di depan komputer main game, yah..makanlah lebih sedikit, daripada nanti terkena obesitas dan diabetes. Kalau anda hobi makan banyak, yah...olahragalah.

10. Cari warteg yang besih.
Pilih warteg yang bersih! jangan yang 3M (Murah, Meriah, Mencret). Kalau bisa stop makan gorengan!

11. Belajar menghitung kebutuhan kalori perhari dan sesuaikan dengan kondisi khusus anda.
Nah, ini lebih bagus lagi. Kalau yang berminat, saya akan ajari gratis khusus untuk anda. Hubungi lewat email saya. Sertakan data jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan anda saat ini bila ingin berkonsultasi. Karena menu buat orang yang mempunyai penyakit tertentu tentu saja berbeda.

12. Have a try! starting now.


sumbernya :http://indonesianmedical.blogspot.co...-anak-kos.html

No comments:

Post a Comment