Thursday, April 1, 2010

Kepemimpinan dalam Tim KM

Peran pemimpin puncak tetap merupakan pendukung pada implementasi strategi KM di perusahaan. Robinson, Anumba, Carrilo, dan Al-Ghassani (2006) mengidentifikasikan peran pemimpin puncak dalam 5 bidang, antara lain:
  1. Mengarahkan pengembangan KM strategi agar semua anggota perusahaan meningkatkan talenta dalam best practice, baik dalam tacit maupun explicit knowledge agar mereka menghasilkan kinerja yang tinggi bagi perusahaan.
  2. Memberi motivasi seeking best practice pada semua anggota perusahaan agar memberi layanan yang berkualitas pada pelanggan
  3. Memfasilitasi tersediannya KM resources yang unggul (seperti budget dan pengembangan SDM) dan KM tools (seperti infrastruktur IT dalam intranet untuk berkolaborasi pada penyebaran best practices)
  4. Mendorong program untuk mengatasi hambatan budaya organisasi (mengidentifikasi budaya perusahaan seperti lemahnya kolaborasi untuk diatasi atau membangun sikap positif terhadap knowledge sharing)
  5. Mengaitkan antara KM dan operasi kerja bagi kinerja organisasi (seperti melakukan publisitas untuk memelihara high profile activities tentang penerapan best practices yang berhasil dalam layanan kepada pelanggan)
Sumber: Knowledge Sharing - DR. Manerep Pasaribu (2009, p.84)

No comments:

Post a Comment