Saturday, August 22, 2009

Doa Seorang Ibu





Pernah kah kau berfikir, diri mu dilahirkan dengan susah payah dari rahim
seorang ibu yang mengasihi mu.. Pernah kah kamu berberfikir bagaimana sakit nya ia melahirkan diri mu ?? Susah payah ia berusaha merawat mu di saat di dalam kandungan sampe diri mu tumbuh dewasa.

Seorang Ibu mengasihi anak nya, saat diri mu di dalam kandungan sampai akhirnya diri mu dilahirkan dan bernafas dimuka bumi ini. Ia mendidik mu dengan penuh susah payah dan penuh kasih sayank sampai engkau beranjak duduk di Taman Kanak2..
Pernah kah kau berpikir disaat diri mu disekolahkan disebuah taman anak-anak, ibu mu dengan setia menunggu mu di depan pintu dengan terik panas matahari yang menyorot tubuh nya demi melihat perkembangan anak nya, ia selalu memantau mu dari jauh melihat tingkah laku mu..

Pernah kah kau berpifikir pengorbanan seorang ibu , ketika ia mengajari mu berhitung, dan membaca dengan penuh kasih sayank?? Dan apa balasan yang kau berikan saat itu ?
kau membalas nya dengan ledekan, dan berlari kesana kemari untuk tidak mau belajar dengan nya.. pernah kah kau berfikir bahwa seorang ibu selalu mendoa kan anak-anak nya demi mencapai cita-cita yang di harapkan..

Pernah kah kau berfikir betapa pusing nya seorang ibu yang melihat anak nya, dibangku sekolah dengan mendapat nilai yang kurang baik? betapa sedih nya seorang ibu melihat anak nya yang di perlakukan / di hina oleh teman-teman nya di sekolah..

Pernah kah kau berfikir bahwa setiap malam tidur mu, ibu mu selalu mendoakan diri mu dengan penuh tangisan dan memohon ke pada Tuhan agar anak nya dapat menjadi anak yang berguna dan dapat membanggakan kedua orang tua nya dan menjadi anak yang sukses nanti nya.

Pernah kah kau berfikir bahwa seorang ibu selalu mendoa kan mu setiap kemana langkah mu berjalan dan dimana saja diri mu berada, seorang anak terkadang tidak menyadari betapa besar kuasa doa yang ibu berikan kepada diri nya ...

Ketika menginjak bangku sekolah, seorang ibu selalu mendoa kan anak nya , agar anak nya diberikan kekuatan dalam menyerap semua pelajaran yang diberikan oleh guru-guru disekolah tersebut.. apa kah kau bernah berfikir sejauh itu ??

Ketika diri mu akan menempuh Ujian disekolah dan mendapatkan nilai yang terbaik, apakah engkau pernah berpikir bahwa malam itu ibu mu mendoakan dirimu agar Tuhan dapat membantu anak ny terserbut dan mendampingi anak nya tersebut dalam mengerjakan ujian-ujian yang akan di kerjakan oleh diri mu ??

Ketika diri mu lulus dari bangku sekolah dasar, diri mu pergi begitu saja bersenang-senang dengan teman-teman mu sampai malam untuk merayakan ke lulusan mu.. Apakah kau pernah berfikir bahwa disaat-saat kelulusan mu, Seorang ibu dimalam hari selalu mendoakan diri mu dengan tangisan air mata memohon kepada Tuhan agar anak nya dapat diberikan kemudah dalam kelulusan disekolah nya ?

Ketika diri mu menginjak sekolah menengah pertama dan menginjak sekolah menengah umum, dan disaat diri mu merasakan diri mu telah dewasa, dan ke egoissan diri mu, diri mu selalu memarahi nya dan membentak nya.. Apakah kah diri mu pernah menyadari nya , betapa sedih nya seorang ibu ketika melihat anak nya memarahinya dan membentak kasar kepada diri nya, apa kah kau pernah berfikir seorang ibu menangis dimalam hari mengingat semua ocehan dan perkataan kasar mu yang telah menyakiti diri nya ?? apakah engkau pernah meminta maaf kepada diri nya atas perbuatan mu ??

Pernah kah engkau berfikir betapa besar ketakutan seorang ibu yang melihat perjuangan anak nya untuk menempuh ujian sekolah menengah umum demi mendapatkan nilai yang terbaik , agar dapat lulus dan melanjutkan ke perguruan tinggi ??
Pernah kah engkau mendengar Di doa ibu mu, terlintas nama mu selalu di mulut nya??

Di penuh kesibukan nya menjaga diri mu, menjaga rumah, serta ayah mu, dengan penuh kesibukan dan letih setiap hari nya, tapi lagi-lagi seorang ibu tetap mendoakan Anak nya di tengah malam hari dan meneteskan air mata di hadapan Tuhan, memohon dan meminta agar anak nya dapat lulus dalam ujian tersebut, dia meneteskan air matanya ketika diri mu terlelap dalam tidur mu.. Doa seorang ibu yang meminta kepada Tuhan pencipta nya , agar menurunkan malaikat-malaikat nya agar mendampingi dan menyertai mu ..
Saat diri mu telah lulus , apakah engkau pernah berfikir, kelulusan mu dapat disebabkan oleh doa dari seorang ibu mu yang meneteskan air mata nya di hadapan Tuhan demi kesuksesan diri mu ??

Pernah kah engkau berfikir, bahwa rejeki itu didapatkan dari doa seorang ibu yang selalu berdoa kan diri mu dan mendoakan ayah mu dalam bekerja agar pekerjaan tersebut menghasilkan rejeki untuk kelangsungan hidup mu ??
Pernah kah engkau berfikir, dikala hidup mu mendesak dan nyaris ke sesat, ibu mu selalu mendoakan diri mu ??

Pernah kah terfikir di benak mu , betapa pusing nya seorang ibu dan ayah mencari nafkah untuk diri mu , untuk memasuki diri mu ke sebuah universitas bernama, dengan tujuan anak nya dapat menjadi anak yang sukses nanti nya ?? pernah kah engkau berfikir ketika ayah mu pergi untuk mencari nafkah dan diri mu pergi untuk menuntut ilmu di bangku sekolah..
ibu mu berdoa setiap saat agar keluarga nya diberikan kemudahan dalam mendapat kan rejeki guna membiayai kuliah mu yang sangat mahal..

Pernah kah engkau berfikir dan merasakan bagaimana seorang ibu dan ayah mencari nafkah bagi diri mu ?? ia harus berpergian disaat pagi-pagi buta untuk mencari nafkah bagi anak-anak nya, Pernah kah kau berfikir bahwa seorang ibu tidak ingin melihat anak nya sedih , dan sebisa mungkin berusaha mematuhi segala keinginan mu???

Bayangkan ketika ibu mu telah pergi ke rumah Tuhan yang tenang ,
apakah engkau masih dapat merasakan kasih nya yang selalu menghangatkan diri mu disaat-saat engkau membutuhkan dirinya ??
Pernah kah Engkau berfikir untuk membalas semua kebaikan kedua orang tua mu, terutama ibu mu !! yang merelakan hidup nya untuk melahirkan mu..
Berdoa lah , dan meminta lah maaf ketika diri mu melakukan kesalahan kepada diri nya .. seorang ibu tidak akan meminta apa2 dari seorang anak nya, ia hanya ingin anak nya menjadi sukses dan membawa keluarga nya menjadi keluarga yang di hormati disaat sisa-sisa hidup nya, dan semua permohonan maaf merupakan suatu kebahagian bagi dri nya apa bila kita menyadari semua kesalahan mu selama ini , ketika saat diri mu lahir sampai dewasa saat ini..

Tidak pernah habis-habis nya doa dan air mata dari seorang ibu yang mendoakan anak-anak nya ..


-Randy-

5 comments:

  1. Benar sekali bagai dikata. Jasa ibu tiada harga yang boleh dibayar. Semanggat dan kekuatan dari sifat keibuan membuatkan seorang wanita yang asalnya bersifat lemah mampu membawa anak yang dikandungnya selama 9 bulan 10 hari dalam seribu kepayahan dan kesakitan hingga hari anaknya dilahirkan kedunia. Disambut dengan keriangan dan senyum kasih sayang juga harapan agar anaknya menjadi manusia berguna. Itulah ibu.

    ReplyDelete
  2. Pokoknya surga dibawah telapak kaki ibu...!
    Jasa-jasa seorang ibu tak akan pernah bisa terbalaskan.
    tak ada kasih sayang yang melebihi kasih sayang ibu terhadap anaknya...

    ReplyDelete
  3. Itulah ibu dalam padangan setiap anak manusia yang bernafas dengan hatinya dan mengalir di darahnya kasih sayang tak putus-putusnya dari belaian seorang ibu.....hebat bro artikelnya menginspirasi

    ReplyDelete
  4. seringkali terasa rindu terhadap ibu kerana telah berjauhan setelah berumah tangga..

    ReplyDelete