Monday, July 27, 2009

Merpati Putih Cabang Binus


Merpati Putih Cabang Binus

Apa sih merpati putih itu ?

Merpati Putih Adalah Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong yang bernaung di bawah Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI). Organisasi berdiri sejak 2 April 1963 dengan pusat organisasi di Jakarta, sedangkan pusat keilmuan di Yogyakarta.Bertujuan untuk melestarikan Pencak Silat Asli hasil budidaya peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia dan turut membina watak mental pribadi anggota Merpati Putih berbudi pekerti luhur serta mengembangkan ilmu Merpati Putih demi kepentingan bangsa dan Negara Indonesia.

SEJARAH
Pendiri aliran ini adalah Sampeyan Dalem Hingkang Sinuhun Prabu Amangkurat II Hingkang Jumeneng Ing Kartosuro atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Prabu Amangkurat II. Pada awalnya Merpati Putih adalah seni bela diri rahasia keluarga keraton dimana hanya keluarga kerajaan saja yang dapat mempelajarinya. Dan aliran ini diwariskan secara turun temurun, sehingga rakyat jelata tidak dapat mempelajarinya. Salah satu pewaris aliran ini adalah Pangeran Diponogoro.
Kemudian pada awal tahun 1960-an, pewaris ilmu generasi X, Saring Hadi Poernomo mempunyai suatu keinginan untuk mewarisi aliran ini kepada masyarakat pada umumnya, sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara Republik Indonesia dengan mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu yang dimiliki keluarga untuk kepentingan nasional.
Oleh karena itu, pada tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta, kedua anak beliau (generasi XI), Poerwoto Hadi Poernomo dan Budi Santoso Hadi Poernomo mengambil langkah nyata dengan membentuk Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih dengan filosofi Mersudi patitising tindak Pusakane Titisan Hening, yang secara harafiah berarti "Mencari sampai mendapat tindakan yang benar dalam ketenangan".
Kemudian pada tahun 1974 Merpati Putih menjadi bela diri wajib bagi Komando Pasukan Khusus (KOPASUS). Hingga kini PPS BETAKO Merpati Putih mempunyai kurang lebih 35 cabang dengan kolat (kelompok latihan) sebanyak 415 buah (1993) yang tersebar di seluruh Nusantara, salah satunya adalah kolat Universitas Bina Nusantara.

UKM Bina Nusantara
Foto-foto bersama anggota merpati putih Bina Nusantara, saat selesai melakukan latihan merpati putih.


Dalam merpati putih binus pun memiliki berbagai acara baik buka puasa bersama, pelantikan naik sabuk, dll
berikut foto-foto tersebut :


Acara buka puasa bersama dengan teman-teman Merpati Putih Binus


Dalam merpati putih ada dinamakan pelantikan / kenaikan sabuk.. dimana ketika itu kita harus mengikuti petunjuk para senior, untuk belari-lari untuk mengetes fisik kita selama ini latihan, dan juga ada juga yang dinamakan pematahan, yang berguna untuk mengetahui sejauh mana kekuatan yang dimiliki oleh tiap orang.


Di Binus sendiri pun sering sekali mengadakan pelatihan alam, dimana Tim dari merpati putih dapat bersenang-senang menghilangkan keletihan setelah sekian lama latihan.. ^^v holiday para petarung ^^
kebetulan panitia nya saya .. ^^ narsis mode on paling depan th ^^



Foto-foto bersama pelantikan anak baru di bina nusantara , di daerah curug cilembur

Bagi kalian yang ingin mengikuti latihan Merpati putih Binus bisa langsung datang ke Binus atau ke alamat web kami :

  1. MP Call Center : 021-91998081
  2. Website : www.merpatiputihbinus.net (sebelumnya adalah www.merpatiputihbinus.org)
  3. Email : binus_mp@yahoo.com
  4. Y!Messenger : binus_mp
- Randy Skating - Merpati putih Binus -

No comments:

Post a Comment